Minggu, 25 Maret 2012

PENGERTIAN DOMAIN DAN HOSTING



Bagi para pengguna internet, khusus nya para webmaster tentu sudah tidak asing lagi dengan nama nya hosting atau web hosting dalam dunia internet. Seperti yang sudah kita pahami bahwa hosting atau web hosting secara umum di artikan sebagai sarana kita untuk menyimpan file-file situs atau website kita untuk kemudian di-online-kan ke internet  sehingga dapat di akses oleh pengguna internet.
Secara lebih spesifik, web hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web atau situs internet.
a.pengertian domain
seperti sudah disinggung di atas, komputer-komputer yang terhubung ke internet yang menyimpan file-file situs kita (sebagai tempat hosting), pada awalnya tidak memiliki alamat domain seperti yang kita lihat. komputer-komputer tersebut hanya memiliki alamat berupa nomor IP, sepertI 125.163.167.224 dan sebagainya.
Untuk mengatasi kerumitan pengetikan alamat situs dengan IP yang panjang tersebut, maka dalam dunia internet dikembangkan alamat atau domain yang berupa kata atau kalimat yang mudah di ingat sesuai keinginan pemilik domain.misal : IP 125.163.167.224 di arahkan ke www.Danipermana44.co.cc
Domain merupakan nama unik atau alamat untuk website anda, nama domain umumnya diakhiri dengan .com, .net, .org, .biz, .tv dan lain-lain. Jadi apabila seseorang ingin melihat file-file dalam situs web saya yang tersimpan dalam komputer  server, maka mereka cukup menulis www.Danipermana44.co.cc pada browser internet  dan otomatis website saya akan muncul.    

Sekedar info, alamat domain itu tidak di miliki secara langsung oleh seseorang, bagi anda yang menginginkan nama domain maka anda harus membeli atau menyewa nama domain, biasanya dengan biaya kontrak pertahun. Setelah anda membayar biasa sewanya maka domain alamat tersebut akan diarahkan ke IP atau computer server yang menyimpan file-file web-site anda.

Nama domain sangatlah bervariasi tergantung dari tujuan website itu di buat. Jenis domain ini dibedakan dengan kata di belakang seperti.:
·         .com (baca; dot om) : yaitu untuk wesite bersifat komersil
·         .org : untuk website organisasi
·         .info : untuk website beri informasi
·         .biz : untuk website bisnis
·         .tv ; untuk website stasiun televise
·         .gov ; untuk website milik pemerintah (goverment)
·         Dan lain-lain.

Ada juga domain ini yang lebih mengarah ke tutorial, missal;

·         .co.id (baca : dot co dot id) ; untuk website yang berada di Indonesia
·         .us ; untuk website di amerika (US : united state)
·         .cn : untuk website di china
·         .co.il ; untuk website di Israel
·         .my : untuk website di Malaysia
·         Dan lain-lain
Akan tetapi fakta di lapangan, nama domain tersebut tidak lagi menjadi identitas, misal domain yang berakhiran .org di pakai untuk website pribadi bukan oleh organisasi, domain berakhiran info di pakai untuk berjualan (komersil) dan lain sebagai nya.
Untuk membeli domain, anda  bisa membeli nya pada website-website penjual domain, baik itu yang di luar negeri atau yang ada di dalam negeri. Namun pembelian ini tidak bersifat permanen melainkan di hitung berdasarkan kurun waktu tahunan (biasanya di patok untuk 1 tahun), atau mungkin sebenarnya istilah yang tepat adalah sewa domain akan tetapi yang popular adalah beli domain bukan sewa domain.

referensi : Bookagogospublishing

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites