Senin, 18 Juni 2012

Widget Pada Wordpress


Sebelum nya saya pernah menjelaskan apa itu plugin, sekarang saya akan menjelaskan widget pada wordpress, Dari definisi tentang plugin bisa diartikan bahwa, Plugin WordPress adalah sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar.



Widget pada WordPress
Widget adalah aplikasi kecil yang dapat diinstal dan dieksekusi dalam halaman web oleh pengguna akhir serta memungkinkan pengguna untuk mengubah konten pribadi ke dalam aplikasi web dinamis yang bisa dibagi pada website dimana kode dapat diinstal. Widget biasanya dibuat dalam DHTML, JavaScript, atau Adobe Flash. Widget dapat dipandang sebagai aplikasi download yang terlihat dan bertindak seperti aplikasi tradisional tetapi diimplementasikan dengan menggunakan teknologi web termasuk JavaScript, Flash, HTML ,CSS. Serta penggunaannya tergantung pada web API.

Maka, Widget WordPress adalah aplikasi yang berdiri sendiri yang dapat tertanam ke situs pihak ketiga ( dalam hal ini bisa wordpress.com atauwordpress.org-selfhosting ) oleh pengguna apapun pada halaman di mana mereka memiliki hak-hak kepengarangan.

Dari definisi tentang plugin wordpress dan widget terlihat kesamaan di antara keduanya yaitu dari segi fungsionalitas,tapi pada instalasinya widget wordpress ditampilkan di sidebar panel wordpress dan biasanya tanpa harus merubah kode-script. Sedangkan plugin wordpress lebih banyak bekerja di belakang sistem 
( background ).

Solusi dari saya gunakan plugin dan widget tersebut sesuai dengan kebutuhan, karena beberapa memang ada yang tidak support dengan theme ataupun versi dari wordpress yang anda install. Jadikanlah plugin dan widget yang pada akhirnya ditujukan untuk mempercantik blog wordpress dan optimasi wordpress blog-situs anda, dan bukan untuk menambah ERROR.

Semoga bermamfaat...
terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites