Minggu, 18 Maret 2012

FAVORIT DOMAIN

Ada yang sudah tawu domain itu apa, nah kalau ada yang belum tawu si sini saya akan menulis kan penjelasan tentang domain...:D cekidot 
Domain merupakan sebuah nama alamat sebuah website atau orang sering menyebutnya dengan URL.
Ada beberapa kategori domain yang digunakan di Indonesia, berdasarkan tipe dari sebuah website itu sendiri, berikut beberapa domain tersebut :
1. CO.ID
Domain ini digunakan untuk website perusahaan kecil sampai besar, persyaratan untuk melakukan pendaftaran : Akte Notaris (bila tidak ada SIUP), Surat Bukti Kepemilikan Merk, Kartu Identitas Penerima Kuasa.
2. OR.ID
Domain ini digunakan untuk website organisasi, yayasan atau komunitas online, persyaratan untuk melakukan pendaftaran :  Akte Notaris Yayasan/Organisasi atau Surat Keputusan Organisasi, Kartu Identitas Penerima Kuasa.
3. SCH.ID
Domain ini digunakan untuk website instansi sekolah, persyaratan untuk melakukan pendaftaran : Surat Pengajuan Resmi dari Kepala Sekolah yang Bersangkutan , Kartu Identitas (KTP / SIM) penanggung jawab, Surat Kuasa
4. NET.ID
Domain ini digunakan untuk website khusus untuk perusahaan dalam bidang telekomunikasi, tetapi terkadang juga digunakan oleh kelompok dan komunitas tertentu, persyaratan untuk melakukan pendaftaran : Izin Usaha, Kartu Identitas, Surat Bukti Kepemilikan Merk.
5. AC.ID

Beberapa Domain yang tergolong (TLD)top level domain :

Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti.
  1. com (dotcommercial)
  2. net (dotnetwork)
  3. org(dotorganization)
  4. edu(doteducation)
  5. gov(dotgoverment)
  6. mil(dotmilitary)
  7. info (dotinfo)
  8. dan banyak lagi...hee
Dalam memilih sebuah domain hendaknya mempertimbangkan beberapa aspek-aspek dalam pemilihan domain, berikut ini beberapa aspek-aspek untuk pemilihan domain :
1. Gunakan Nama domain yang mudah untuk di Ingat.
Dalam pemilihan domain sebaiknya gunakan domain yang mudah untuk di ingat dan dihafal, misalnya www.kompas.com, www.detik.com dan masih banyak lagi. jangan anda mengunakan nama domain yang terlalu panjang.
2. Jangan Mengunakan Angka
Sebaiknya pengunaan domain jangan mengunakan angka, untuk memudahkan orang untuk mengingat nama domain, namun kecuali nama domain tersebut berhubungan dengan sebuah perusahaan.
3. Ekstensi Domain
Ekstensi domain ini sangat penting dalam pemilihan nama domain, sebab sangat mempengaruhi alamat website itu sendiri, misalnya sebuah website perusahaan hendanya memilih nama domain dengan ekstensi CO.ID yang seyogyanya merupakan domain khusus untuk sebuah  perusahaan.
4. Jangan Mengunakan Tanda Penhubung
Sebaiknya jangan mengunakan tanda penghubung, sebab akan menpersulit orang untuk mengingat sebuah nama domain tersebut.











0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites