Minggu, 25 Maret 2012

Mengenal Website


Situs web atau dalam bahasa inggris nya biasa di sebut web site dan juga sering di singkat dengan istilah situs adalah sejumlah halaman web yang memiliki topic saling terkait, terkadang di sertai pula dengan berkas-berkas gambar,video,atau jenis-jenis berkas lain nya. Sebuah situs web biasanya di tempat kan setidak nya pada sebuah server web yang dapat di akses melalui jaringan seperti  internet, ataupun jaringan wilayah local (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas sebuah situs yang dapat di akses publik di internet di sebut pula sebagai Waring Wera Wanua atau lebih di kenal dengan singkatan WWW.

Penemu situs web adalah Sir Timothy John “Tim” Berners Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertama kali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar-menukar dan memperbaharui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja pada tanggal 30 April 1993 CERN (tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat di gunakan gratis oleh publik .

Web statis
Situs web statis merupakan situs web yang memiliki isi tidak dimaksudkan untuk di perbarui secara berkala sehingga pengaturan ataupun pemutakhiran isi atas situs web tersebut dilakukan secara manual. Ada tiga jenis perangkat utilitas yang biasa di gunakan dalam pengaturan situs web statis:
Ø  Editor teks merupakan perangkat utilitas yang di gunakan untuk menyunting berkas halaman web, misalnya : Notepad atau textEdit.
Ø  Editor WYSIWYG, merupakan perangkat lunak utilitas menyunting halaman web yang dimiliki dengan antar muka grafis dalam perancangan serta pendisainannya, berkas halaman web umum nya tidak di sunting secara langsung oleh pengguna melainkan utilitas ini akan membuatnya secara otomatis berbasis dari laman kerja yang di buat oleh pengguna.
Ø  Editor Berbasis template, Beberapa utilitas tertentu seperti Rapidweaper dan iweb, pengguna dapat dengan mudah membuat sebuah  situs web tanpa harus mengetahui bahasa HTML, melainkan menyunting halaman web seperti hal nya halaman biasa, pengguna dapat memilih template yang akan digunakan oleh utilitas ini digunakan untuk menyunting berkas yang di buat pengguna dan menjadikan nya halaman web secara otomatis.


Web Dinamis
Situs web dinamis merupakan situs web yang  secara spesifik di desain agar isi yang terdapat dalam situs tersebut dapat di perbarui secara berkala dengan mudah, sesuai dengan nama nya, isi yang terkandung dalam situs web ini umum nya akan berubah setelah melewati satu periode terntentu. Situs berita adalah salah satu contoh jenis situs yang umum nya mengimplementasikan situs web dinamis.
Tidak seperti hal nya situs web statis, pengimplementasian situs web dinamis umum nya membutuhkan keberadaan insfratuktur yang lebih kompleks di banding kan situs seb statis.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites