Minggu, 18 Maret 2012

Beberapa Search Engine Dalam Negeri & Luar Negeri

Nah di sini saya akan menuliskan macam - macam seacrh engine lokal dari dalam negeri "Indonesia" dan juga search engine dari luar negeri. langsung ajja kita bahas ke tofik pembicaraan......:D

Search engine adalah suatu portal website yang menyediakan data-data yang dibutuhkan pengguna internet. untuk mendapatkan hasil yang di inginkan pengunjung internet harus mengetikkan kata atau yang biasa disebut kedalam search engine tersebu

SE menggunakan rumus algoritma, jadi setiap ada website yang mempunyai data sesuai dengan kriteria yang dicari pengunjung, SE akan menampilkan keyword yang sesuai dimasukan pengunjung.

 Search Engine atau dalam bahasa indonesia adalah mesin pencari. Tentunya anda sudah sering mendengan dengan istilah search engine kan ? apa sih search engine itu ? search engine atau mesin pencari merupakan sebuah portal website yang di buat oleh seseorang kemudian memasukan segala informasi sehingga kita dapat mencari informasi sesuai kebutuhan kita. Untuk mendapatkan informasi yang di inginkan.


berikut ini beberapa search engine dari luar negeri :

1.GOOGLE

Pasti semua orang tahu google kenapah bisa begitu karna di jaman yang serba internet ini banyak yang menggunakan nya sebagai mesin pencari , google sendiri  adalah mesin search engine yang sangat mudah. hampir Semua yang ingin kita tanyakan atau kita cari hampir pasti terjawab 99% oleh mesin pencari yang satu  ini terutama tentang informasi. google  terdafat beberapah indeks seperti penelusuran web, gambar, lokasi, surat, dan sebagai nya.Dalam metode search engine ini sangat mudah dengan karakteristik mudah dan apa yang kita cari selalu di mengrti oleh mbah google..

 
2. YAHOO

Yahoo juga menggunakan situsnya di google dan bekerja sama dalam pencarian bersama google dan ditambah dengan database dari yahoo sendiri.dan juga kebanyakan hanya untuk mengrim surat elektrik atau e-mail tetapi masih banyak lagi fungsi didalam mesin pencari ini. yahoo adalah situs kedua yang bnyak di kunjungi setelah goole. yahoo juga bisa menyerupakan video, gambar, berita. Indeksnya pun sama seperti google. tapi yahoo masih kalah favorit sama mbah google..


3. Ask

ada yang tau SE yang satu ini Ask .dulu Ask.com adalah salah satu website pencari paling banyak di gunakan, tetapi setelah adanya Google Ask kian tersingkir. Bahkan Ask sempat dikabarkan ditutup karena adanya Google. Hingga saat ini Ask masih tetap ada, dengan memfokuskan Q&A (Question and Ask) dalam pencarian nya.

4. Archie 



Archie termasuk dalam website yang direkomandiskan. Alasan saya memasukan Archie dalam artikel ini karena dia adalah search engine yang pertama dari semuanya. Archie di publikasikan pada tahun 1990 dan mulai dikenal pada tahun 1993. Nama awalnya adalah "Archive" namun disingkat menjadi Archie yang pada waktu itu untuk pencarian dalam website yang masih menggunakan algoritma sederhana dengan cara mencocokan data yang dicari dengan data tujuan.

2. Bing


Bing ada yang sudah tau dengan search engine yang satu ini yang sudah di kembangkan oleh Microsoft , SE ini lebih mengutamakan jumlah kta bing lebih mementing kan title website atau blog. Dan menyukai domain yang sudah lama ada untuk urusan searching bing sam hal nya dengan search engine lain bing juga bisa mencari  web,images,news,video untuk mendapat kan pendapatan , bing juga mengandal kan iklan sebagai pendapatan utama nya.

berikut ini beberapa search engine dari dalam negeri :

1. Basigi

Basigi tercipta dari detikLabs, search engine local yang sudah mendukung beberapa fitur dan mengutamakan keakuratan. Temen-temen bisa mendapatkan informasi news yang tersedia di basigi.com. Temen-temen bisa menikmati seach engine berupa web, news, blog, forum dan sosial. Tampilannya sangat mudah dipahami oleh orang awam sekalipun, dilengkapi dengan fitur pencarian detail yang bisa kita atur sendiri.
Tak kalan sama search engine luar negeri,basigi.com  ini bisa menembus website non local atau luar negeri. Yang mengutamakan UpdateBanget, pencarian berita adalah langkah pertama yang dilakukan basigi.com ini.




2. Cangkok 

Cangkok mempunyai arti memperbarui, mengganti, serta mengkombinasikan segala sesuatu sehingga menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat. Digunakan kata "Cangkok" sesuai dengan komitmen sosial beberapa perusahaan yang tergabung dalam Singo Group Co., yaitu turut aktif mencerdaskan dan meningkatkan kehidupan Bangsa Indonesia.
Cangkok, membuat mesin pencarian terbesar di Indonesia, dengan teknologi pencarian terbarukan menempatkannya pada posisi yang jauh berbeda dengan mesin pencarian yang tersedia saat ini. Dan berusaha terus-menerus dikembangkan, sehingga dapat memberikan hasil pencarian yang benar-benar relevan dengan keinginan pemakai.

3. FJBex

FJBex adalah mesin pencari untuk berbelanja dan shoping, search engine ini sangat mudah dipahami untuk orang awam sekalipun. Berdasarkan balasan forum jual beli terbesar diindonesia dan selalu update. Saran saya, kalau temen-temen hobby shoping, ga ada salahnya masuk ke mesin pencari ini, pakailah produk dalam negeri. 


4.Mamma
Mamma.com merupakan mesin pencari yang meta-global yang juga bisa dikatakan yang popular. Pencarian web yang kita magsud akan keluar dengan halus di mamma.com ini karena pembawaan nya. Penggunaan mamma.com ini akan efisien secara online. Pada tahun 1996 mamma.com adalah meta-search engine pertama, tapi sekarang telah diperkuat menjadi sebuah perusahaan media menawarkan layanan lengkap untuk penerbit konten berkualitas tinggi & persediaan premium bagi pengiklan online.


5.Yippy
Yippy.com adalah sebuah search engine yang ada di indonesia, saya sendiri belum pernah mencobanya kalau tidak di kasih tugas mencari search engine mungkin saya tidak tau ada yippy.com ini

Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan database tertutup. 
yang paling populer adalah Google,Yahoo,Bing, yang di dalam negeri cangkok,Basigi, Mamma.
Dan juga Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber-terbuka (open-source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS. 

1 komentar:

Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites